Jumat, 06 Januari 2012

Pasar modern VS Pasar Tradisional


Keberadaan pasar modern saat ini telah menggeser minat masyarakat untuk berkunjung ke pasar tradisional. Keberadaan pasar modern menuntut juga berubahnya gaya hidup masyarakat. Bukan hanya di kota-kota besar, di manapun sekarang sangat mudah dijumpai swalayan, supermarket dan hypermarket. Di tempat-tempat tidak hanya menawarkan lebih banyak kenyamanan dalam berbelanja tetapi harganya pun tidak kalah menarik daripada pasar tradisional. 

Pasar tradisional kini mulai meredup semakin banyaknya minat masyarakat untuk berbelanja ke supermarket. Perkembangan pusat perbelanjaan ini secara umum akan menguntungkan bagi konsumen karena tersedia banyak pilihan untuk berbelanja. Persaingan semakin tajam antara pusat perbelanjaan dan juga antara pengecer juga akan menguntungkan karena mereka akan berusaha untuk menarik konsumen dengan memberikan pelayanan yang lebih baik. Pusat perbelanjaan modern merupakan pesaing dan akan mengancam keberadaan pedagang di pasar tradisional. Jika dahulu pusat perbelanjaan lebih banyak ditujukan untuk penduduk berpendapatan menengah keatas. Kini mereka mulai masuk juga ke kelas menengah kebawah.

Di sisi yang lain, masyarakat akan lebih suka berbelanja ke pasar-pasar yang lokasinya lebih dekat. Akan tetapi pusat-pusat perbelanjaan terus berkembang memburu lokasi-lokasi potensial. Dengan semakin marak dan tersebarnya lokasi pusat perbelanjaan modern maka keunggulan lokasi juga akan semakin hilang. Supermarket-supermarket kini sudah mulai menjamur sapai ke pedesaan, sebab inilah yang menjadikan mudahnya masyarakat memilih untuk berbelanja di supermarket dari pada pasar tradisional.
Perbedaan-perbedaan yang penting dapat kita lihat antara pasar tradisional dan pasar modern. Dari segi kebersihan pasar modern lebih terjaga kebersihannya dengan baik dari pada pasar tradisional karena sudah ada petugas yang membersihkannya setiap waktu. Harga, konsumen tidak perlu dihadapkan dengan kebingungan berapa harga dari setiap produk yang ingin dia beli karena harga telah dicantumkan dalam setiap produk yang mereka tawarkan. Konsumen tanpa harus bersusah payah menawar untuk membeli barang. Ini merupakan suatu strategi penjualan yang dilakukan oleh pasar modern. Dari segi kenyamanan yang diberikan pasar modern akan lebih nyaman untuk berbelanja.
 Pasar tradisional juga tidak kalah memberikan beberapa daya tarik, yaitu harga yang dibilang lebih murah dari pada pasar modern. Alasan itulah yang menyebabkan pasar tradisional dapat merambah pada masyarakat menengah sampai ke bawah. Masyarakat golongan inilah yang masih bertahan berbelanja di pasar tradisional, berbeda dengan masyarakat menengah yang semakin banyak sudah beralih ke pasar modern seperti supermarket. Selain harga, pasar tradisional memiliki daya tarik dalam segi tersedianya berbagai jenis barang yang dapat dipilih konsumen untuk dibeli.
Maka dari itu, sebagai masyarakat kita harus terus memperhatikan pasar tradisional karena dapat membantu menyejahterakan para pedagang yang ada. Tetapi tidak menutup kemungkinan kita kadang berbelanja di supermarket.

0 komentar:

Posting Komentar